Ken Chaidian, Ketua Umum MKGR Periode 2019-2024

Jakarta, PortalInfokom.id – Laksma TNI (Purn) Ir. Ken Chaidian, terpilih sebagai Ketua Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) periode 2019-2024 pada Musyawarah Besar (Mubes) VIII MKGR.

Dalam memimpin MKGR ke depan, Ken akan mempertahankan panca moral MKGR yang diamanahkan pendirinya yaitu Mayjen TNI (Purn) R.H Sughandi.

“Panca moral itu bermakna cinta, jujur, berani, musyawarah dan kekeluargaan. Dan terpilihnya saya tentu mohon bimbingan, arahan dan petunjuk dari para senior MKGR untuk menjalankan amanah itu,” kata Ken dalam sambutannya pada penutupan Mubes VIII bertajuk ‘Kita Kembali ke Jati Diri Bangsa Melalui Panca Moral MKGR’, di Hotel Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Dalam kepemimpinan, Ken juga berkomitmen untuk membenahi organisasi dengan menata tugas dan tanggungjawab semua pengurus atau anggota. “Siapa mengejarkan apa, bagaimana dan dimana itu harus terprogram dan saling mendukung,” ujarnya.

Ken menegaskan, MKGR sampai hari ini berkomitmen membangun bangsa dengan kibaran program yang sifatnya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baik itu program di bidang kesehatan, bansos, bantuan hukum, pengembangan kader MKGR sebagai sumber daya manusia di bidang pendidikan dan lainnya.

“Pembinaan generasi muda MKGR penting untuk membangun eksistensi organisasi di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Karena menurutnya, menciptakan kader baru harus dilakukan untuk regenerasi MKGR. “Jangan sampai generasi terputus, karena regenerasi MKGR itu harus tetap berjalan, eksis menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Ken menghimbau semua pengurus dan anggota MKGR untuk menyatukan dan merapatkan barisan menuju keberhasilan organisasi. Karena menurutnya, keberhasilan organisasi adalah dengan melaksanakan program-program kepentingan rakyat.

“MKGR ini milik rakyat. Kita harus membangkitkan dan melakukan konsolidasi mengibarkan panji MKGR ke seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia,” ujarnya.

Safari MKGR akan diawali di daerah Jawa Barat sebagai tonggak bangkitnya kembali MKGR. “Jabar paling siap untuk mengibarkan panji MKGR dengan personel dan programnya. Kalau Jabar kuat, insyaallah daerah lain juga akan bagus,” imbuhnya.

Ken menegaskan, ke depan MKGR akan semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi dan akan terus berkontribusi bagi rakyat Indonesia, bangsa dan negara.

Ken yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Pusat MKGR, terpilih sebagai Ketua Umum MKGR. Adapun Wakil Ketua Umum MKGR adalah Tubagus Sulaeman dan Sekretaris Jendral MKGR yaitu Muchtar Herman Putra.

Pemilihan tersebut dilakukan secara formatur. Yakni dua dari pusat dan tiga dari daerah.

Hasil musyawarah dan mufakat, ditentukan mewakili formatur pulau misalnya Jawa Barat, Indonesia bagian tengah yaitu Sulawesi Tenggara, dan Indonesia bagian timur yakni Batam, Kepulauan Kepri.

Dalam rapat paripurna yang digelar Senin (18/11/2019) malam hingga pukul 01.00 WIB dini hari,

Selasa (19/11/2019) tercatat tiga kandidat. Yaitu, Laksma TNI (Purn) Ir. Ken Chaidian, Tubagus Sulaeman yang menjabat sebagai Ketua Harian Pusat MKGR, dan Amelia J, Ketua Jajaran BKR MKGR.

“Ibu Lia tidak berkenan jadi Ketum, begitu juga Pak Tubagus. Maka, Pak Ken kita pilih jadi Ketum MKGR dan Pak Tubagus sebagai Waketum MKGR periode 2019-2024,” ujar Pimpinan Mubes VIII MKGR, Muchtar. (CN)

Sumber : www.cendananews.com