Dua Bank Plat Merah Siap Ekspansi ke Metaverse

Jakarta, BINA BANGUN BANGSA – Sejumlah perbankan di Tanah Air siap ekspansi ke metaverse. Dua bank besar yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah mengumumkan akan terjun ke kanal realitas virtual yang akan dikembangkan oleh WIR Group dengan nama Metaverse Indonesia. WIR Group merupakan perusahaan berbasis teknologi augmented reality Indonesia yang telah berdiri sejak 2009. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melibatkan perusahaan ini untuk menghadirkan Metaverse Indonesia.

Daniel Surya, Executive Chairman dan Co-Founder WIR Group mengatakan, Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Rality (AR). Platform ini akan menghadirkan virtual reality dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. “Metaverse Indonesia akan dibangun dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai bangsa. Disana akan ada kota-kota utama Indonesia,” kata Daniel pada Kontan.co.id, Kamis (24/2).

Dia bilang, pengembangan Metaverse Indonesia tahap pertama ditargetkan akan meluncur pada akhir tahun ini. Pemerintah sebelumnya menargetkan platform metaverse ini akan diperkenalkan pada di ajang Presidensi G20 Indonesia 2022. Pengembangan ekosistem di Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap. WIR Group memperkirakan, ekosistem secara keseluruhan akan dikembangkan dalam waktu sekitar lima sampai enam tahun. (insight.kontan.co.id)

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..