Teknik Sederhana Dalam Penulisan Berita Media Online

Nilai Berita dan Unsur Berita

Peristiwa yang memenuhi minimal salah satu nilai berita yang dapat dilaporkan oleh seorang wartawan (amatir) adalah mengacu pada elemen berita yang dikenal dengan unsur 5W1H+D

Who – Siapa

What – Apa

When – Kapan

Where – Di mana

Why – Kenapa

How – Bagaimana

Doc – Dokumentasi

Jika dapat memahami 5W1HD, menulis berita sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Cukup dengan memakai rumus standar berdasarkan elemen 5W1HD tadi, maka sebuah berita sudah bisa dibuat. Pengertian detail 5W1HD adalah sebagai berikut:

Who (siapa): siapa-siapa saja yang terlibat dalam kejadian/peristiwa; pelaku, korban, pemeran utama, peran pengganti, figuran, orang, lembaga, organisasi, pejabat tertentu, dan sebagainya.

Baca Juga :   Peningkatan Kerja Sama Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia

What (apa): peristiwa apa yang terjadi, kejadiannya apa, acara apa?

When (kapan): kapan kejadiannya? Ini unsur waktu yang biasa ditulis dalam bentuk hari dan tanggal, misalnya, Senin (22/02/2020)

Where (di mana): di mana kejadiannya? Ini tentang lokasi atau tempat acara. Misalnya, “di Depan Balaikota Jakarta.

Why (kenapa) : kenapa peristiwa itu terjadi? Apa penyebabnya, apa latar belakangnya, apa tujuannya, mengapa itu dilakukan, dan sebagainya.

How (bagaimana): proses kejadiannya atau suasana peristiwa; apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, bagaimana jalannya aksi demo, dll.

Documentation (dokumentasi): kumpulan atau rangkaian dokumentasi dari peristiwa atau kejadian beritanya yang berupa photo atau video, yang dapat menggambarkan suasana peristiwa; dari proses sampai akhir, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya dan pesertanya, dan bagaimana jalannya acara atau kegiatan, dll.

Baca Juga :   Dancing Against Drugs’ Jadi Ajang Asah Kreatifitas Generasi Muda

Dengan demikian, secara sederhana teknik menulis berita di media online itu “hanya” menyusun unsur 5W1H1D itu. Biasanya dimulai dengan unsur who atau what, diikuti unsur where dan when, kemudian why dan how di alinea berikutnya.(RHT)

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..