The Golden Age Kohati : 56 Tahun Kiprah Kohati Menentukan Arah Pembangunan Bangsa

Oleh : Sri Meisista*

Dalam kiprah kemanusiaan, diskursus mengenai perempuan sudah ada sejak manusia di ciptakan sebagai Khalifah di muka bumi ini. Baik dalam status, tugas, hak dan kewajiban yang berimprovisasi dalam paradigma masyarakat di mana tugas dan peranan perempuan hanya mengurusi anak, rumah dan sekitarnya (Sektor Domestik), yang selanjutnya mulai merambah pada sektor Publik.

Kemudian di mana perempuan selalu tersorot oleh isu marginalisasi serta perilaku ketidak adilan menjadi headline di masyarakat dari waktu ke waktu.

Berdasarkan hal itu Kohati hadir sebagai wadah untuk menampung permasalahan-permasalahan perempuan dan melahirkan solusi-solusi yang kongkrit. Hadirnya Kohati tentu tidak terlepas dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dimana, lahirnya Kohati bukanlah semata-mata gagasan HMI-wati sendiri, melainkan di dukung dan di dorong secara aktif oleh HMI-wan. Pengurus HMI pada saat itu melihat bahwa di bentuknya Kohati di lingkungan HMI adalah untuk kemaslahatan HMI secara keseluruhan.

Kohati adalah singkatan dari Korps HMI-wati yang di sahkan secara Nasional pada tanggal 17 September 1966 pada Kongres HMI VIII di Solo.

Kohati merupakan badan Khusus dari Himpunan Mahasiswa Islam yang di bentuk sebagai wadah perempuan-perempuan hebat dan Tangguh dari seluruh penjuru Negeri.

Dalam Kiprah Kohati telah banyak melahirkan perempuan-perempuan hebat yang Inspiratif dalam menentukan arah pembangunan bangsa Indonesia.

Ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan di usia Kohati ke 56 tahun ini, yakni :

  1. Kohati akan melahirkan SDM perempuan unggul yang memiliki skill dan kemampuan yang bisa bersaing ditengah modernitas dan kecanggihan teknologi dengan berbagai program-program unggulannya.
  2. Kohati akan tegak lurus berdiri didepan menyuarakan keadilan kepada mereka yang selalu menindas perempuan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  3. Konsentrasi kohati mengawal dan menyukseskan Kebangkitan Politik Perempuan.

Tentu 3 point tersebut akan selalu disuarakan oleh Kader Kohati dari Pelosok Negeri sampai ke Pusat dan saya pikir ini adalah hal yang penting diantara banyak hal penting lain yang menjadi fokus Kohati di seluruh penjuru negeri.

Selamat Dies Natalis Kohati ke 56 tahun, selalu berkiprah menciptakan kader-kader yang berkualitas insan cita dalam menentukan arah pembangunan bangsa dan selalu Tangguh dalam menghadapi badai di manapun dan kapanpun.

*Penulis adalah Kader HMI Cabang Palu/Wakil Sekretaris Umum bidang PSDO Kohati PB HMI

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..