Bimtek MICE Tahun 2022 Sudin Parekraf Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Tidung

Loading

Pulau Tidung, Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menyelenggarakan kegiatan Bimtek MICE tahun 2022, Senin sampai dengan Selasa, 5 – 6 September 2022, bertempat di Pulau Tidung (Kantor Kecamatan Pulau Seribu Selatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu).

Dengan mendatangkan pemakalah dan narasumber dari Jakarta, berangkat dari dermaga Pantai Marina Ancol, rombongan sampai di lokasi Bimtek disambut Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Ibu Puji Astuti.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Doa. Selanjutnya penyampaian laporan Ketua Penyelenggara Bimtek MICE Bapak Fahmi selaku Plt Ka Seksi IP Sudin Parekraf Administrasi Kepulauan Seribu.

Dalam laporannya Kasi berharap untuk para peserta yang terdiri 60 peserta dari para pelaku usaha, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Untung Jawa, dan Kelurahan Pulau Pari, agar termotivasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan yang berbais MICE baik lokal dan mancanegara yang datang kepulauan seribu.

Baca Juga :   BINA BANGUN BANGSA Dorong Ide Visit Pulau Seribu 2023

Harapan dengan Bimtek ini, para peserta bisa mendapatkan bekal dan ilmu sehingga termotivasi atau punya gagasan atau ide untuk mau mengembangkan wisata mice di kepulauan seribu.

Bimtek dibuka oleh bapak Angga Saputra Camat Kepulauan Seribu, ibu Puji Hastuti Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Ibu Puji Astuti.

Sesi Pertama diisi dengan tema “Prospektif MICE Indonesia, yang disusun oleh Owner of Travelqu and Kencana Event Organizer and Representative Office of Al-Habsyi Umroh Management under the name of Nava, Zahara, and Alsha, Apriani Raharti dan disampaikan oleh Wakil ketua Koperasi Griya Agung Wirausaha Nusantara, Ismail Syah Alam.

Materi yang disampaikan Ismail Syah Alam kepada peserta adalah tentang definisi mice dan Potensi Mice dan Mengapa MICE, Kebijakan Pemerintah dalam mendukung Industri MICE. Termasuk paparan mengenai potensi pengembangan Industri MICE Pariwisata di Kepulauan Seribu.

Baca Juga :   Menparekraf Berharap Kepulauan Seribu Jadi Destinasi Wisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Kepulauan Seribu memiliki potensi wisata yang luar biasa. Menurut data jumlah kunjungan pada tahun 2019 berjumlah 777.008, terbagi wisatawan mancanegara berjumlah 28.417 dan wisata nusantara berjumlah 748.591. Tapi sejak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia 2020 yang lalu hingga 2022 ini, kunjungan wisatawan menurun drastis di Kepulauan Seribu hingga mencapai 33% dari rata-rata kunjungan tahun 2017 – 2019.

Saat ini amenitas di Kepulauan Seribu terdiri dari 7 hotel resort, 661 homestay, 56 rumah makan, jaringan listrik, internet, dan air bersih. Amenitas adalah fasilitas di luar akomodasi, seperti rumah makan, restoran, toko cinderamata, dan fasilitas umum seperti sarana ibadah, kesehatan, taman, dan lain-lain.

Di samping itu, Kepulauan Seribu memiliki cagar budaya, sarana snorkling, diving, swimming, fishing, camping ground, outbound, education/riset, religi/sejarah, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Revitalisasi Koperasi Wirausaha Pulau 1000 Utara Untuk Meningkatkan Potensi Parekraf Kepulauan Seribu

Pariwisata merupakan sektor utama yang diharapkan bisa menjadi leading sektor yang akan mendorong UMKM Ekonomi Kreatif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian lokal, karena paralel dengan perkembangan dan peningkatan penjualan dari semua produk barang dan jasa UMKM terkait dengan pelayanan pariwisata.

Sesi Kedua diisi dengan materi Pariwisata Masal Mengejar Kuantitas Wisatawan yang disusun oleh EO PT. Wawai Karya Zainul Abidin dan disampaikan Gesty Probowati W, Ketua Bidang Pengembangan Koperasi dan Staff Ahli PT. Wawai Karya. Para peserta di berikan penjelasan dan Penting Pontensi MICE, karena MICE adalah terobosan baru untuk kemajuan pariwisata Indonesia

Di sesi akhir dari BIMTEK MICE  peserta dibagi beberapa Group untuk membuat Analisa SWOT (Strong, Weaknes, Opportunities, Threats) terhadap Kesiapan Lokasi, Infrastruktur, Pelaku Usaha, SDM MICE di kepulauan Seribu.(***)

Kategori

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..