Sab. Des 14th, 2019

Bagaimana Caranya Menjadi Event Planner atau Event Organizer ?

“Bagaimana caranya menjadi Event Planner (perencana acara) /Event Organizer (EO) ?”

Pertanyaan umum lainnya yang orang tanyakan adalah …

  • “Bagaimana saya mulai tanpa uang (modal) ?”
  • “Bagaimana cara saya memberi harga layanan saya?”
  • “Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak klien?”

Ini tidak sesulit atau serumit yang Anda bayangkan jika Anda belajar dari tempat yang tepat.

Untuk memulai, Anda dapat melanjutkan membaca di bawah ini atau jika Anda tahu Anda siap untuk Kursus Perencanaan Acara terperinci, terbaik di industri Anda bisa mendapatkannya di sini.

Untuk saat ini, teruslah membaca.

Ikhtisar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan jenis perencana acara yang Anda inginkan. Jenis acara apa yang paling Anda sukai.

Cara terbaik untuk mengetahui bagian mana dari perencanaan acara yang ingin Anda kejar adalah mengetahui dua kategori utama industri ini dibagi menjadi 2 (dua) kategori ini adalah:

1. Perencana Sosial

Perencanaan sosial meliputi pernikahan, ulang tahun, pesta, peringatan, liburan, baby shower, dan reuni.

2. Perencana Perusahaan

Perencanaan perusahaan meliputi pertemuan, acara perusahaan, seminar, konvensi, asosiasi dan amal.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu dari dua kategori mana Anda lebih menikmati.

Meskipun ada cara untuk menjadi sukses melakukan kedua kategori acara, kami sarankan Anda menguasai satu kategori sebelum menangani yang lain.

Bagaimana Anda Bisa Menjadi Event Organizer?

Anda memiliki tiga opsi untuk terlibat dalam industri EO.

1. Anda dapat memulai bisnis EO Anda sendiri.

Anda dapat mengikuti kursus komprehensif kami tentang memulai bisnis Anda sendiri dengan mengklik di sini.

Ini memiliki Peringkat Bintang 5 dan menjawab banyak pertanyaan paling umum:

  • Apa langkah pertama untuk menjadi EO?
  • Bagaimana cara memulai tanpa uang/modal ?
  • Bagaimana Anda mendapatkan klien?
  • Bagaimana Anda tahu berapa biaya untuk layanan saya?
  • Bagaimana Anda tahu jika Anda menagih cukup uang?
  • Apa cara terbaik untuk memasarkan bisnis saya?
  • Apakah saya memerlukan gelar/sertifikasi perencanaan acara?
  • dan lainnya

Kursus ini juga memiliki lebih dari 20 template bonus gratis untuk kontrak EO, proposal klien, rencana bisnis, lembar kerja anggaran, kuesioner target klien dan banyak lagi.

Jika Anda belum siap untuk membeli kursus $47, maka mari kita bicara lebih banyak tentang memulai bisnis Anda sendiri di sini.

Sekarang Anda tahu bahwa Anda harus memutuskan apakah menjadi perencana sosial atau perencana perusahaan lebih menarik bagi Anda.

Setelah Anda menemukan ini saatnya untuk membuat rencana pemasaran Anda sehingga Anda bisa mendapatkan klien . Tujuannya adalah untuk mendapatkan 1 – 3 klien pertama Anda dalam waktu satu bulan setelah membaca artikel tersebut (ini memberikan begitu banyak ide hebat untuk mendapatkan klien sehingga yang harus Anda lakukan hanyalah menerapkan strategi pemasaran yang paling menarik bagi Anda.)

Hal lain yang harus Anda pelajari untuk memulai bisnis EO yang sukses adalah:

  1. Bagaimana cara menentukan harga layanan Anda. (klik di sini untuk mempelajari tentang harga )
  2. Cara menerima setoran dan pembayaran (dapatkan deposit 50% pada saat penandatanganan kontrak dan sisanya beberapa hari sebelum acara). (klik di sini untuk mempelajari tentang hal ini )
  3. Bagaimana cara membangun tim yang baik di sekitar Anda.
  4. Cara menulis proposal.
  5. Menciptakan jaringan vendor terbaik .

2. Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai EO.

Jika memulai bisnis Anda sendiri belum tepat untuk Anda, maka Anda dapat mencari pekerjaan sebagai EO untuk suatu tempat atau vendor.

Banyak perusahaan menengah hingga besar menyewa Event Planner/EO mereka sendiri. Perusahaan umum yang memiliki perencana staf adalah hotel, restoran, tempat konser, klub malam dan studio televisi.

Dalam peran ini Anda akan bertanggung jawab untuk hal-hal seperti:

  • Rapat Peresmian
  • Promosi
  • Rapat dewan
  • Rapat pemegang saham
  • Upacara penghargaan
  • Perjalanan eksekutif
  • Pameran perindustrian/perdagangan
  • Seminar
  • Konvensi
  • Gathering
  • Event of CSR
  • event for customer
  • dll

Yang menyenangkan tentang menjadi Event Planner in-house adalah Anda mendapatkan anggaran yang baik untuk dibelanjakan pada setiap acara. Dan Anda sudah memiliki klien bawaan tanpa harus mendapatkannya sendiri. Tetapi Anda tidak memiliki kebebasan untuk menggunakan kreativitas Anda sendiri untuk membuat acara menjadi indah dan Anda tidak mendapat untung dari menjaga 100% keuntungan dari acara Anda.

Ide bagus lainnya adalah bekerja untuk vendor. Dengan bekerja untuk vendor seperti perusahaan katering, toko bunga, penyewaan dekorasi, dll, Anda dapat melihat bagaimana acara berfungsi tanpa bersaing dengan ratusan orang lain untuk mendapatkan beberapa pekerjaan perencana acara internal yang tersedia.

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai event planner di sebuah perusahaan Anda dapat memenuhi syarat jika Anda memiliki gelar sarjana yang ada dalam perencanaan acara, manajemen perhotelan, pemasaran, komunikasi, atau pariwisata. Jika Anda tidak memiliki gelar sarjana di salah satu dari mereka, kami tidak menyarankan untuk segera mendapatkan gelar itu.

Anda masih bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus sebagai Event Planner tanpa gelar.

Mengambil kursus di rumah atau bahkan beberapa kelas di community college lokal Anda dapat membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan.

Kesukarelaan

Pengalaman sukarela atau amal bisa membuat Anda mendapatkan pekerjaan juga. Ini benar-benar berujung pada pemahaman industri, mampu secara kreatif mengadakan acara-acara bagus, menegosiasikan harga yang baik dengan vendor berkualitas tinggi, dan memiliki portofolio pekerjaan yang dapat membuat Anda terkesan dengan bos masa depan Anda.

Kunci untuk memulai dengan menjadi sukarelawan adalah dengan tidak menerima peran apa pun sebagai sukarelawan. Pastikan Anda mengambil peran yang berarti yang dapat Anda pelajari atau Anda dapat menggunakan foto untuk portofolio Anda.

Misalnya – jika Anda menjadi sukarelawan di maraton di kota setempat, jangan hanya menjadi peserta check-in acara. Anda ingin menjadi bagian dari komite perencanaan acara. Di situlah Anda akan berjejaring dengan orang-orang yang tepat dan membiarkan karya kreatif Anda terlihat.

3. Anda bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan EO.

Bagian terakhir berbicara tentang mendapatkan pekerjaan sebagai perencana acara di perusahaan perencanaan non-acara.

Sekarang kita akan berbicara tentang mendapatkan pekerjaan di perusahaan EO.

Perusahaan EO dapat memberi Anda pengalaman berharga untuk membangun karier Anda. Alasannya adalah karena semua orang di sekitar Anda sudah menjadi Event Planner yang berpengalaman.

Anda dapat belajar banyak dari berada di sekitar orang-orang yang benar-benar tahu apa yang mereka lakukan dan berhasil dalam hal itu.

Salah satu rekomendasi umum kami adalah bahwa setiap calon perencana acara menemukan seorang mentor. Kriteria penting untuk mentor adalah 10 tahun ke depan dalam pengalaman di mana Anda saat ini.

Peluang Anda menemukan mentor yang hebat di perusahaan EO sangat tinggi.

Untuk mendapatkan jenis pekerjaan ini, Anda harus menyiapkan resume Anda. Pastikan itu terorganisir, bersih dan menonjol. Badan perencanaan sangat menghargai kreativitas dan organisasi, jadi pastikan Anda membuat resume Anda kreatif dan berbeda dari yang lain.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membeli template online yang bagus dan membuat versi PDF resume Anda yang benar-benar keren. Ini menonjol dengan sangat baik!

Gagasan lain adalah membuat situs mini kecil tentang diri Anda. Ada banyak template yang bagus di situs-situs seperti ini .

Atau jika membangun situs bukan hal yang Anda bisa gunakan About.me.

Anda juga ingin memastikan Anda memiliki portofolio pekerjaan masa lalu Anda – ini dapat mencakup acara apa pun yang Anda kumpulkan untuk teman atau keluarga; itu bisa berupa pemotretan gaya yang Anda lakukan sendiri di rumah dengan pengaturan meja; atau bisa juga acara yang Anda kumpulkan sebagai sukarelawan atau pekerja magang.

Ketika Anda membuat barang-barang ini, ingatlah bahwa perusahaan perencanaan acara seringkali berspesialisasi dalam pernikahan, katering, pesta khusus, konvensi industri, seminar, dan pengumpulan dana. Jadi pastikan Anda mengatasinya dalam resume atau portofolio Anda.

Pekerjaan di perusahaan perencanaan acara sulit didapat sehingga Anda menginginkan setiap keunggulan dibandingkan pesaing Anda.

Jika Anda telah merencanakan acara apa pun, bahkan sebagai sukarelawan atau untuk teman dan keluarga, pastikan untuk menyertakan foto dalam aplikasi Anda.

Kelas Apa Yang Harus Anda Ikuti Untuk Menjadi Perencana Acara?

Ada dua cara utama untuk belajar menjadi Event Planner :

1. Anda dapat mengikuti kelas kuliah di sekolah lokal atau online.

2. Anda dapat membeli pelajaran kami di rumah untuk mempelajari dasar – dasar menjadi event planner . Kursus kami sangat bagus untuk mengajarkan Anda seluk beluk perencanaan acara dan ini adalah kursus belajar di rumah sendiri. Jika Anda lebih suka mendapatkan gelar dalam Perencanaan Acara kemudian klik formulir di atas.

Persyaratan Pendidikan untuk Menjadi Event Planner 

Tidak ada persyaratan formal untuk masuk ke industri acara, meskipun jika Anda melamar pekerjaan kadang-kadang membantu memiliki gelar sarjana. Sertifikasi industri seperti CMP (Profesional Pertemuan Bersertifikat) dan CSEP (Profesional Acara Khusus Bersertifikat) kadang-kadang dapat menggantikan gelar sarjana di resume Anda. Jika Anda memulai bisnis sendiri maka memiliki gelar sarjana tidak berperan dalam mendapatkan klien.

Masalahnya adalah tidak ada banyak kelas yang dapat Anda ambil di perguruan tinggi untuk mempelajari keterampilan sehari-hari yang membuat Anda menjadi aset bagi perusahaan perencanaan acara. Juga tidak ada banyak kelas yang membantu Anda memulai bisnis perencanaan acara Anda sendiri. Inilah sebabnya kami membuat panduan lengkap untuk memandu Anda melalui langkah-langkah penting dalam menciptakan bisnis Anda sendiri (di atas). Sebagian besar kursus perencanaan acara online mengenakan biaya lebih dari $1200 untuk materi yang sama.

Tonton video di bawah ini untuk detail lebih lanjut jika Anda lebih suka format video dan semoga bermanfaat dan sukses!

Atau isi form di bawah ini untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang kursus singkat "Bagaimana Cara Menjadi Event Organizer"