Bawang Goreng Palu yang Khas dan Gurih

Palu, BINA BANGUN BANGSA – Bawang goreng produksi khas Kota Palu menjadi unik karena bahan dasarnya, yaitu terutama jenis bawangnya. Bawang ini hanya dapat tumbuh di tanah Kota Palu, dan menurut beberapa orang yang telah mencobanya tidak bisa tumbuh di kota lain di Indonesia, bahkan di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah. Rasanya, gurih dan tidak ada sedikitpun rasa pahit yang tersisa di lidah, berbeda dengan bawang goreng biasanya.

Hal ini karena bawang goreng palu telah menjadi identitas kota Palu. Bawang memang bisa tumbuh di daerah mana saja, namun bedanya bawang yang tumbuh di wilayah Palu berbeda karena bentuknya lebih lebar dan tebal. Saat digoreng rasanya juga lebih renyah dan menghasilkan wangi yang tajam. Rasa nikmat gurihnya ternyata muncul karena bawang yang ditanam bergantung cuaca Palu dan hanya diberi sedikit air.

Mengenai harga bawang goreng cukup bervariasi dan biasanya tergantung kualitas pembuatannya. Jenis bawang yang digunakan biasanya sama untuk setiap pengusaha, namun yang membedakan adalah proses pembuatannya. Harga jual yang lebih mahal bawang goreng dihasilkan cukup kering. Sedangkan yang sedikit lebih murah masih terdapat kandungan minyak. Harga jual juga dipengaruhi oleh ketersediaan bahan baku di petani bawang. Pada musim hujan, ketersediaan bawang sangat sedikit, karena bawang ini tidak tahan terkena dengan air hujan, dan cenderung petani tidak menanam. Sehingga ketersediaan bahan baku paling banyak ketika musim panas.

Untuk info dan pemesanan Bawang Goreng Palu “Selebica” dapat menghubungi : +62821-8835-7889

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..