Masjid Punya Pusat Ekonomi Kreatif

Oleh : M. Arief Rosyid Hasan (Komisaris Bank Syariah Indonesia)

Jakarta, BINA BANGUN BANGSA – Beragam Inisiatif Ekonomi Masjid (i-Emas) yang muncul di Masjid se-Indonesia, pagi tadi setelah olahraga dan ngopi saya menghadiri penandatanganan MoU BSI x MRBJ dan peresmian foodcourt @mrbjtangsel.

Satu persatu pengurus MRBJ diperkenalkan oleh Ketua Yayasan Pak Bambang, ada yang latar belakang pernah kerja di IBM, Chevron, arsitek, kontraktor, juga teman2 muda dari @remisyaofficial. Puluhan Masjid di Bintaro, Tangsel-pun terkoneksi dengan MRBJ.

Kolaborasi Energi Kebaikan, Masjid-Masjid saling berbagi ruang untuk kebaikan. Salah satu yang menarik adalah fasilitas Creative Hub – Zona Muamalah MRBJ yang bisa digunakan Masjid lain untuk berbagai kegiatan khususnya ekonomi kreatif.

Baca Juga :   Prijanto : Adakah dan Siapakah Orang-Orang Bangsa Indonesia Asli Itu?

Tempat-tempat di MRBJ sepenuhnya dibangun dengan Wakaf, ini yang membuat kita terus optimis instrumen keuangan sosial dapat menjadi solusi untuk kemajuan ekonomi umat. Potensinya mencapai ratusan hingga ribuan triliun.

Kita perlu terus menyebarkan kabar baik ini, jika kita sanggup membangun ratusan ribu Masjid dengan swadaya masyarakat (hanya dua negara, Indonesia dan Pakistan), tentu untuk sekedar memberdayakan ekonomi Masjid tersebut kita lebih mampu.

Banyak contoh yang tersebar di Indonesia, bagaimana Masjid jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di masyarakat. Salah satu gerakan anak muda yang konsisten melakukannya adalah @isyefupdates, @bank_indonesia memiliki 55 binaan Masjid.

Baca Juga :   Mau Dapetin Beras Gratis, yang Bisa Langsung Diantar ? Silahkan Hubungi Nomor Ini

Bismillah, I-Emas (Indonesia Emas) bisa kita wujudkan secara bersama-sama dengan i-Emas (Inisiatif Ekonomi Masjid). Kita perbanyak anak muda yang akan menjadikan Masjid sebagai masa depannya, mengabdi untuk umat dan bangsa.(MARH/fb)

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..