nikuba, alat pengubah air menjadi listrik

Nikuba, Alat Pengubah Air Jadi Bahan Bakar Karya Anak Bangsa dari Lemahabang, Kabupaten Cirebon

Loading

Cirebon, BINA BANGUN BANGSA – Kreativitas dan inovasi warga Lemahabang Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon ini patut mendapat acungan jempol. Nikuba asli karya anak bangsa, buatan Aryanto Misel ini sudah terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar motor. Pasalnya, alat tersebut bisa membuat sepeda motor menempuh jarak ratusan kilometer hanya dengan menggunakan bahan bakar air.

Nikuba merupakan singkatan dari Niku Banyu. Generator elektrolisis yang dapat mengubah motor atau mobil menjadi berbahan bakar air ini, kendatipun memang belum banyak tersedia di pasaran.

Penemuan alat tersebut mendapat apresiasi tinggi, yaitu salah satunya dari Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Baca Juga :   Bantuan Pemerintah Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan

Saat ini, kata Aryanto, Nikuba generator dibanderol dengan harga Rp 4,5 juta per unit, dan sudah dipergunakan oleh puluhan anggota Kodam III Siliwangi.

“Sudah tiga puluh anggota yang sudah menggunakan Nikuba. Pak Pangdam mengapresiasi dan siap memesan Nikuba lebih banyak lagi”.

Ke depan, Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berjanji akan berusaha lebih luas lagi dalam penggunaan Nikuba sampai ke daerah pelosok.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo pun menyatakan sudah memesan beberapa alat untuk digunakan di kendaraan dinas di daerah tepencil, seperti di daerah-daerah yang sulit terjangkau BBM fosil, seperti di kawasan pesisir, pantai dan pegunungan.

Baca Juga :   Rapat Lanjutan Komisi A Pembahasan AD/ART IKST Tahun 2022

Ketua Umum BINA BANGUN BANGSA, Nur Ridwan sangat mendukung atas inovasi atau penemuan ini, bahkan berharap agar Pemerintah baik Pemda maupun Pemerintah Pusat segera memfasilitasi agar Nikuba ini segera dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut. Supaya diproduksi secara masal agar bisa terjangkau dan menjadi produk unggulan karya anak Bangsa Indonesia yang mendunia.(***)

Sumber : diolah dari berbagai sumber, photo : radarcirebon.com

Kategori

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..