Teh Kelor Celup Palu yang Banyak Khasiatnya

Palu, BINA BANGUN BANGSA – Daun Kelor yang banyak tumbuh di daerah Sulawesi Tengah, selain dikonsumsi sebagai makanan pelengkap jenis sayuran, ternyata bisa dijadikan teh celup dan menjadi minuman berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Ketua DPD BINA BANGUN BANGSA, Hj. Sri Vedari bersama Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif mengembangkan produk dari daun kelor yang merupakan hasil budi daya dan diproduksi serta dikemas oleh Mitra Mandiri menjadi teh celup dengan Merk Teh Kecup.

Daun Kelor yang dikenal juga Moringga Oleifera ini memang sangat mudah dan cocok untuk di tanam budi dayakan di daerah Sulawesi Tengah khususnya Palu, Donggala dan Sigi, karena tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga :   MENJELANG ACARA MUBES IKST 10 September 2022

Untuk diketahui, masyarakat Suku Kaili di Sulawesi Tengah sudah akrab dengan kuliner daun kelor. Mereka tersebar di Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu, juga di seluruh daerah lembah antara Gunung Gawalise, Gunung Nokilalaki, Kulawi, dan Gunung Raranggonau. Sebagian tersebar di wilayah lain yaitu pantai timur Sulteng.

Salah satu kuliner khas Suku Kalili tersebut adalah uta kelo yang merupakan makanan sayur tradisional berbahan baku daun kelor. Kelo dalam bahasa Suku Kaili berarti daun kelor.

Uta kelo adalah makanan pendamping nasi masyarakat di wilayah Kabupaten Donggala. Makanan berkuah ini seperti gulai daun singkong dengan rasa gurih campuran santan kelapa. Selain itu berciri khas pedas dengan cabai rawit.

Baca Juga :   Eboni, Pohon Kayu Istimewa yang Bernilai Tinggi

Daun kelor dikenal sebagai tanaman obat. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut daun kelor sebagai pohon ajaib.

Dalam studi WHO, tanaman ini telah memberikan manfaat berharga dan murah terhadap masyarakat di negara-negara termiskin dunia. Daun kelor juga bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan ketahanan tubuh, manfaat untuk kulit, antiperadangan, dan kesehatan untuk mata dan otak.

Untuk info dan pemesanan dapat menghubungi Hj. Sri Vedari di nomor : 082347708874 (FSM)

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..