Rab. Nov 20th, 2019

BPK RI Mendunia, Kinerja Berstandar Internasional

Jakarta, BINA BANGUN BANGSA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan lembaga yang selalu berkomitmen menjaga standar internasional. Komitmen tersebut mengacu kepada standar pemeriksaan yang dikeluarkan International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) yang bernama ISSAI (The International Standards of Supreme Audit Institutions). Berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, standar pemeriksaan merupakan patokan untuk melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Apa manfaat bagi BPK dalam menerapkan standar internasional?

Satu hal yang pasti adalah hal itu berarti hasil kerja BPK sudah memiliki standar internasional. Selain itu, juga bisa dibandingkan dengan SAI negara lain karena telah menerapkan standar yang sama.

Manfaat lainnya adalah kualitas hasil pemeriksaan BPK telah terjamin karena telah mengikuti standar yang diakui dunia dan digunakan negara lain.

Terkait kinerja di dunia internasional, bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun memberikan apresiasi. Saat berpidato di Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8), Jokowi menghargai upaya BPK. Khususnya atas prestasi menjadi pemeriksa eksternal pada International Atomic Energy Agency (IAEA) sejak 2016 hingga 2021.

“Tata kelola keuangan negara yang akuntabel harus diwujudkan. Tata kelola yang transparan harus dikembangkan. Tata kelola yang efektif harus efisien, yang gesit, lincah, dan cekatan menghadapi perubahan juga harus terus diupayakan,” kata Presiden.(Adm)

Sumber : Warta BPK, Edisi 9 | Vol. II – SEPTEMBER 2019