Cara Cepat dan Mudah Menulis Buku Untuk Pemula

Pernahkah Anda ingin menulis buku, tapi tidak tahu cara memulainya? Pernahkah Anda mulai menulis buku, tapi mandeg dan tidak tahu cara melanjutkannya? Atau malah tergelincir dari rencana semula?..

Informasi berikut kami ingin berbagi strategi 7 tahapan praktis untuk menulis buku dengan cepat dan mudah, sehingga anda dapat menjadi penulis buku yang populer dan bisa menghasilkan uang dari menulis buku.

1. Pemilihan Ide dan Konsep

Pilih ide yang dekat dengan kehidupan anda sesuai dengan pengalaman dan keahlian anda, bidang pekerjaan anda, kesukaan/kesenangan atau hobby anda dan sebagainya.

  • Ini akan memudahkan kita dalam memilih topik atau tema dan konsep apa yang akan kita tulis sebagai isi, maksud dan tujuan buku kita itu. Termasuk pilih segmen atau terget pembaca buku kita, karena sesuai dengan pengalaman dan keahlian atau bidang dan hobby kita.
  • Pilih ide dan tema atau judul yang sangat dicari karena diperlukan atau yang disukai oleh masyarakat umum, yang berguna dan bermanfaat bagi mereka. Sehingga mereka ingin beli dan membaca buku anda.

2. Siapkan Outline/Kerangka Isi Buku

Selanjutnya kita siapkan outline/kerangka isi buku atau bisa disebut daftar isinya buku. Sehingga kita bisa dapat gambaran bahwa buku yang akan kita susun dan dibuat akan seperti apa.

Rencana isi buku atau outline ini penting untuk memandu saat kita proses dalam penulisan buku. Dan juga membantu saat kita mengalami “stuck” atau ‘macet’ dalam penulisan buku, karena kita bisa lompat ke bagian yang lain dulu untuk “refresh”. Tapi kita punya gambaran keseluruhan isi bukunya. Jadi kita semakin mudah dan terarah dalam proses penulisan bukunya.

Manfaat Outline/Kerangka Isi Buku :

  • Menjadi map/peta yang memandu proses penulisan buku
  • Supaya tidak Stuck (macet) di bagian tertentu
  • Supaya kerja jadi lebih efektif

3. Lengkapi Materi Pendukung Penulisan Buku

Sebelum masuk ke penulisan kita harus lakukan riset dan kumpulkan bahan-bahan sebagai materi isi buku. Dapat melalui perpustakaan, internet, wawancara nara sumber, diskusi, brainstorming. Kemudian semua bahan dan materi data-data tersebut dikumpulkan menjadi satu folder agar membuat proses kerja penulisan menjadi efektif dan efisien.

4. Menetapkan Target Waktu Penulisan Buku dengan Time Line

Sebelum proses penulisan buku, penting untuk anda menetapkan target waktu pengerjaan penulisan buku, dengan dibuatkan time line atau garis waktu yang realisitis, agar terarah dan terukur sehingga proses penulisan efektif dan efisien penuh komitmen.

5. Drafting Penulisan Naskah Buku

Dalam proses penulisan, selalu perhatikan outline/kerangka isi buku termasuk time line yang sudah ditetapkan, agar terarah dengan maksud dan tujuan.

Apabila terjadi stuck (macet) dalam penulisan karena lain hal, maka bisa melompat ke bagian atau bab lain yang bisa dikerjakan lebih dahulu. Sambil melengkapi materi datau data lainnya untuk melanjutkan tulisan yang sebelumnya yang tertunda.

6. Terus Belajar dan Sering Latihan

Bisa karena biasa, biasa karena sering dilakukan. Semakin kita sering latihan menulis buku, maka semakin ahli kita dalam menulis dan membuat buku. Jadikan menulis buku adalah hobby yang menyenangkan dan ladang amal ibadah kita bagi sesama, karena berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan menghasilkan karya-karya yang berguna dan bermanfaat untuk orang banyak, maka semakin berarti dan bernilai hidup kita, karena sudah membuat sejarah dalam perkembangan peradaban manusia kini dan ke depannya.

7. Terbitkan Buku-Buku Hasil Karya Anda

Apabila buku kita telah siap untuk diterbitkan, maka carilah Penerbit Buku yang mau kerja sama untuk menerbitkan buku-buku anda dengan bagi hasil/royalti yang saling menguntungkan. Mulai saatnya menulis jadi hobby yang berguna dan bermanfaat serta menghasilkan pendapatan yang menyenangkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penerbit ; BINA BANGUN BANGSA, E-mail : seknas@binabangunbangsa.com kontak : 08159515457

Materi dari dan di edit dari Youtube Jefferly Helia, yang bisa dilihat di bawah ini :