Program Kemandirian Desa Oleh BINA BANGUN BANGSA

Jakarta, BINA BANGUN BANGSA – Dalam pengelolaan Potensi Desa diharapkan bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa, karena meningkatkan perekonomian Desa sehingga bisa membangun sistem pemerintahan Desa menuju Kemandirian Desa yang sudah memiliki ketersediaan infrastruktur utama dan akses terhadap pelayanan dasar serta pelayanan umum dalam sistem Pemerintahan Desa yang baik.

Hal itu disampaikan Ketua Umum BINA BANGUN BANGSA, Nur Ridwan dalam rapat kerja terbatas bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Jakarta. (09/10/2017).

Dalam bukunya yang berjudul “Desa” (1953), Sutardjo Kartohadikusumo mendefisinikan desa sebagai suatu kesatuan hukum di mana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa untuk mengadakan pemerintahan sendiri.

Baca Juga :   UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN

“Oleh karena itu Desa boleh mengelola dan mengatur kehidupan dan pemerintahannya sendiri selama tujuannya untuk menyejahterakan rakyatnya dengan selalu berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang”, katanya.

Hal itu juga diperkuat oleh Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bahwa Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional, yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BINA BANGUN BANGSA sebagai Organisasi dan atau Lembaga Mitra Pembangunan Nasional yang sejak berdiri tahun 2009 memang sudah sedari awal memperjuangkan aspirasi masyarakat Daerah terutama Desa untuk bisa mandiri secara ekonomi dalam pengelolaan potensi daerah maupun desanya. Bisa melalui Koperasi Unit Desa maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Baca Juga :   Gubernur Papua Kepada Freeport : Silakan Keluar dari Papua

“Karena Daerah atau Desa bisa hidup tumbuh berkembang adil dan makmur, maka otomatis NKRI berdikari secara ekonomi dan berdaulat menjadi negara maju di antara negara-negara lain di dunia Internasional dalam persaingan global saat ini”, harapannya.(IWN)

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Ada yang bisa kami bantu ?..