Gubernur Lampung Bidik Peluang Kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta

Jakarta, BINA BANGUN BANGSA – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di antaranya dalam bidang pangan dan pariwisata.

Hal itu disampaikan Arinal secara langsung kepada Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin usai menerima penghargaan juara umum Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang digelar secara hybrid di gedung Makarti, Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (20/9/2021).

Selain soal pangan, Arinal juga ingin menjalin kerjasama di sektor pariwisata. Menurutnya, mekanisme kerja sama dimaksud dapat dilakukan dengan berbagai hal.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur DKI, Dadang Solihin menyampaikan bahwa potensi kerjasama dalam hal pangan dan pariwisata dengan Pemprov Lampung sangat baik jika dilanjutkan. Pasalnya, DKI minim sawah dan kebun sehingga untuk memenuuhi kebutuhan pangan harus disuplai dari luar daerah, salah satunya Lampung.

Selain itu, kata Dadang, dalam hal pariwisata pun Lampung memiliki destinasi alam yang cukup luas. Sehingga, jika kerjasama pariwisata ditingkatkan akan menjadi salah satu sumber ekonomi baru bagi Jakarta.

“Berkaitan dengan ketahanan pangan DKI. DKI itu walau bagaimanapun DKI kan tidak punya sawah, tidak punya kebun. Sementara lampung stok makanannya banyak luar biasa melimpah, sehingga kerjasama yang dulu pernah dilakukan, bisa dilanjutkan lagi. Jadi, kerjasama dalam hal ketahanan pangan,” kata Dadang.

“Kemudian, kerjasama berkaitan dengan pariwisata. Destinasi alam di Lampung kan luar biasa ya, sehingga bagaimana limpahan pariwisata dari DKI itu bisa diarahkan ke sana. Sederhananya, dalam hal wisatawan. Atau bisa saja wisatawan sebelum ke lampung, bisa ke DKI dulu. Berkaitan dengan pariwisata itu dalam banyak hal, itu bisa digali dan itu bisa dikembangkan,” pungkasnya.***